Pengalaman Kerja di Toko Alfamart Part 1
Yeaaa,,
akhirnya fase OJT Store MT alfamart batch 38 selesei. Heheh. Hari ini sampai
tulisan saya tulis saya sudah mengalami fase dimana MT haru terjun langsung
sebagai Crew toko. terhitung sejak 10 september – 10 oktober 2015 saya
menjalani fase training di toko. melalui tulisan ini saya akan berbagi ke teman
– teman bagaimana pengalaman saya selama 1 bulan acting sebagai crew toko dan
assistant kepala toko. tulisan saya sebelumnya membahas OJT store, namun kali ini
saya akan banyak membahas bagaimana pengalaman saya selama 1 bulan di toko.
Oke
langsung saja, saya mendapat tugas untuk OJT toko di alfamart rest area KM 57
toll jakarta – cikampek. Toko tersebut masuk kedalam lingkup branch karawang.
Pertama kali saya mendapat info toko tersebut ya biasa aja sih, bayangan saya
ya munkin tokonya sama seperti toko yang lainya. Namun setelah sampai di toko
ternyata jauh berbeda sekali dengan bayangan awal saya. Toko ini merupakan
jenis toko specific store type 18 yang kondisi tokonya sangat ramai sekali.
Bisa dibayangkan rata-rata pengunjung setiap harinya lebih dari 1000 orang
dengan sales lebih dari 35.000.000. harga barang disini juga berbeda dari toko
– toko reguler lainya. ada plus minusnya sih saya ditempatkan disitu. Plusnya
saya tidak akan terlalu repot bagaimana mencapai KPI (Key performance Indicator) dari mentor saya. Sedangkan minusnya
adalah saya kurang bisa belajar penuh ditoko karena memang pekerjaan toko yang
banyak sekali dengan pengunjung yang ngga ada berhentiny. Dari mulai pagi
sampai ke pagi lagi pengunjung tidak ada habisnya karena memang area tersebut
merupakan rest area yang sangat ramai dan disitu tidak ada kompetitor seperti
indomaret. Yang ada hanya convinience store seperti bright, lowsons, dan cirkle
k.
Pengalaman
selama selama menjadi crew sangat menyenangkan. Pekerjaan yang sebelumnya ga
pernah terbayangkan kini harus saya lakukan. Mulai dari ngepel lantai, ngelap
kaca hingga nurunin barang yang banyaknya minta ampun dari truk dan kemudian
memasukannya kedalam gudang dan mendisplay barang tersebut kedalam rak.
Aktivitas tersebut rutin dikerjakan setiap sifnya. Kemuadian diminggu kedua
saya mulai belajar menjadi seorang kasir. “selamat pagi, selamat datang di
Alfamart” kata – kata tersebut selalu terucap ketika ada konsumen datang.
Sampai hafal dan kebawa mimpi.hehe. banyak hikmah yang bisa diambil ketika
menjdai kasir terutama hal ketelitian, serta penampilan dan pelayanan yang
memuaskan kepada pelanggan. Awalnya sih masih lambat ketika melayani tapi lama
kelamaan tangan ini ketika mengetik di keybord sangat lancar bahkan tanpa
melihatpun bisa.hahah. konsumen di alfamart rest area tergolong konsumen yang
termasuk golongan transit,. Mereka hanya sekedar mampir ketika perjalan menuju
ke kota lain. Ya meskipun mampir, tetap saja belanjanya banyak sekali. Minggu
berikutnya saya belajar menjadi asisten kepala toko. yoi baru 2 minggu udah
jadi asisten kepala toko lho.heheh. awal mula jadi kepala toko sangat berat
sekali, selain tugas fisik, tugas administrasi dikerjakan. Mulai saat barang
datang, kirim sales, semuanya dikerjakan. Awal mula ya gitu sih gabisa apa2
tapi lama – lama juga lancar juga ya meskipun masih didampingi pejabat nya
langsung.hahah.
Selain
OJT ditoko kita juga dituntut untuk melakukan inovasi untuk toko. tentu saja
inovasi tersebut harus menjadikan toko tersebut lebih baik muai dari people,
place,proses,produt. Mau tau apa inovasi saya di toko?.. nantikan ya ditulisan
saya yang akan datang.heheh.udah malam soalnyaa... okeee wassalam..
Comments