Tahapan Seleksi MT Alfamart


Oke teman – teman, kali ini saya akan sharing tentang bagaimana proses seleksi untuk management trainee (MT Alfamart). Bisa dikatakan untuk tahapan seleksi MT Alfamart ini cukup panjangggg dan memakan waktu yang begitu lama juga. Oke langsung aja.
Secara umum proses seleksi sebagai berikut :
1.       Administrasi
Proses administrasi yaitu proses dimana panitia selesksi akan menyeleksi berkas kita apakah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan apa enggak. Untuk kualifikasi MT sendiri secara umum tidak jauh berbeda dengan posisi lain namun ada persyaratan tambahan yaitu IPK > 3.00 dan aktif berorganisasi. Dan yang pastinya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik serta komunikasi yang baik pula. Kebutulan saya melamar lewat jobfair, jadi lebih cepet panggilan untuk tes berikutnya.
2.       Psikotes
Psikotes di Alfamart bisa dikatakan lebih kompleks, dari mulai deret angka, kosa kata, soal cerita dan saya lupa lagi. Pokoknya komplitt deh. Saran saya sih sering baca – baca buku psikotes aja biar ngga kaget ketika melihat soal.hehe. dan jangan lupa sebelum tes sarapan terlebih dahulu supaya stamina kita ngga drop karena butuh waktu yang cukup lama untuk tahap psikotes ini.
3.       Bahasa inggris
Nah ini yang harus diperhatikan, ada bahasa inggris nya juga lho. Makin komplit kan. Hahah. Ya kalo menurut saya seh bahasa inggrinya standar lah. Persis sama soal – soal TOEFL. Jadi ya ngga usaha di anggap sesuatu yang susah. Enjoy aja se kuncinya. Nah yang pengen masuk MT Alfamart mulai sekarang tuh di latih bahasa inggrisnya.
4.       Akuntansi (khusus MT Accounting)
Kebetulan pada saat itu saya mendaftar untuk MT acoounting, so ada juga tes akuntansi nya. Ya wajar se soalnya. Di tes akuntansi ini kita dihadapkan pada soal yang tentang akuntansi ritel. Jurnal penjualan, PPN, PPh, Laporan keuangan dan se kroni – kroninya.hehe. ngga susah sih tapi bikin pusing kepala.
5.       Interview HRD
Setelah selesei ke empat tahap diatas, panitia bakal ngumumin siapa aja yang lolos seleksi. Dan yang lolos akan di panggil untuk interview HRD di hari itu juga. Kalo interview HRD ya pertanyaanya seputar kuliah, aktivitas, serta pengalaman organisasi. Disitu kita akan dilihat bagaimana sikap kita, cara kita berkomunikasi, sifat leadership kita, dan banyak yang nantinya akan digali oleh HRD. Tipsnya ya masih sama kog enjoy aja, dan yang terpenting jujur sesuai dengan apa yang kita alami.

6.      Interview User
Pengumuman lolos enggaknya interview HRD memakan waktu 2 minggu. Kalau dalam waktu 2 minggu ngga ada kabar, maka bisa dipastikan kita ngga lolos tuh. Karena saya diluar kota, maka interview user menggunaka teleconfrence di kakntor cabang semarang. Dan yang interview langsung dari direktur finance Alfamart. Bikin grogi pada saat itu. Pertanyaanya lagi – lagi seputar akuntansi ritel. Ya memang rumit. Kita dikasih soal kemudian di jurnal dan dipresentasikan kepada user bagaimana hasil dari perhitungan kita.
7.       Assesment
Kalo lolos interview user maka Human Capital dari Alfamart akan mengadakan tes Assesment. Tes ini menurut saya akan lebih tajam melihat bagaimana karakter dari diri kita. Tesnya meliputi : FGD (focus Group Discussion), peyelesaian masalah, Make Decission, dan saya lagi2 lupa. Heheh. Ya tipsnya jadilah dri sendiri, jangan menjadi orang lain karena nantinya akan bisa dilihat oleh tim Assesment.
8.       Medical Checkup (MCU)

Setelah lolos semuanya dari tes awal sampai akhir, maka tes yang terakhir adalah tes kesehatan. Tesnya juga sangat komplit, mulai dari tes darah, urine, fisik, ronsen, semuanya ada. Jaga kesehatan selalu adalah kuncinya. Dan yang terakhir adalah berdoa.


oke itu saja yang bisa saya sampaikan ke teman - teman,
untuk lebih lengkapnya nanti bisa hubungi saya,,
semangatttttttttttttttttt

Comments

Anonymous said…
Mas, saya mau nanya. Untuk interview user via teleconference itu, media dan alatnya kita persiapkan sendiri atau sudah dikoordinasikan oleh tim hrd nya langsung? Dan sekalian saya mau nahya kira kira soal dari usernya itu nanya tentang apa saja ya mas? Terimakasih.
Catatan Kecilku said…
Udahh d siapin smuanya dr HC.
Prtanyaanya teknis
Unknown said…
interview user pake bahasa inggris g sih mas ?
Unknown said…
Apa aja Yang bikin betah dan yang sebaliknya sbgai mt di pt. sat ini mas
Anonymous said…
Untuk kontrak kerjanya seperti apa mas untuk yg MT ?
Redaksi said…
Plus minusnya apa mas di MT alfa?

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

Tahapan Seleksi MDP CS Finance

MT Alfamart