MT Alfamart

Pengalaman ini saya tulis karena memang saya ingin berbagi dengan kawan – kawan pembaca terutama yang saat ini sedang menjadi jobseeker. Semoga dengan adanya pengalaman singkat ini dapat bermanfaat bagi kawan – kawan semua.
Oke sebelumnya perkenalkan nama saya fauzi asal dari sebuah kampus swasta di semarang, Universitas Dian Nuswantoro semarang jurusan akuntansi, lulus tahun 2015 bulan april tepatnya. Tulisan ini merupakan janji saya sebelumnya. Karena sebelumnya saya berjanji akan berbagi pengalaman tentang perjalanan menjadi seorang pencari kerja.
sebelum lulus kuliah saya sudah sibuk mencari lowongan – lowongan pekerjaan yah harapanya agar pas nanti lulus tidak menganggur lama. Beberapa perusahaan yang pernah saya daftar antara lain :
1.      PT PAMA PERSADA
2.      Alfamart
3.      BPR Weleri Makmur
4.      MDP cs Finance

saya mengikuti tes MDP CS Finance, salah satu anak perusahaan dari BCA Group. Disitu tes nya ada beberapa tahap mulai dari Psikotes, Interview HRD, Psikotes vendor, Interview panel dan terakhir medical checkup. Kebetulan saya sampai pada medical checkup, namun sayangnya karena belum berjodoh saya gugur dikarenakan rangking saya diatas 25. Memang sempet down juga sih,heheh. Tapi gamasalah kalaupun jodoh tak akan kemana.hehe. sempet panik juga karena hampir 1 bulan nganggur di rumah, kemudian mengikuti jobfair di UNDIP. Disitu saya daftar di 2 perusahaan yaitu Alfamart dan PT Pama Persada. Kebetulan saya ikut tes di kedua perusahaan tersebut. Namun PT pama lebih dahulu mengadakan tes. Tesnya meliputi psikotes, skill tes akuntansi dan akhirnyaaaaaaaa...(ups nanti dulu yah). Kebetulan PT Pama ini merupakan perusahaan idaman saya. Pengen banget saya bekerja disitu.hehehe
Selanjutnya adalah tes MT  Alfamart.
Apa sih MT Aalfamart itu? MT (Management Trainee) merupakan program percepatan/ fast track bagi karyawan untuk masuk ke level manajerial. Jadi ketika kita di terima sebagai MT, maka grade kita udah tinggi, bukan sekedar karyawan biasa. Kita ada di level supervisor. Mantabhhhhh ga tuh.heheh.
Tes nya sebagai berikut neh kawan.
1.      Psikotes
2.      Bahasa Inggris
3.      Matematika
4.      Akuntansi
5.      Interview HRD
6.      Assesment
7.      Interview User
8.      Medical Check up
9.      Sign in contract

Nah cukup panjang kan. Heheh. Alhamdulillah tiiiiiiitttttt..hahah
Dari psikotes sampai interview HRD itu dilakukan dalam waktu 1 hari. Dari jam 7 pagi sampai jam 7 malem dengan sistem gugur. Setelah 2 minggu akan di umumin siapa saja yang lolos ke tahap selanjutnya. Dan Alhamdulillah lolos dan langsung dipanggil untuk interview user di cabang semarang. Interview menggunakan teleconference dengan user finance di kantor pusat. Setelah interview user, maka akan diumumin dalam waktu 2 minggu. Jika dalam 2 minggu tidak ada kabar, maka akan dianggap gagal. Dan akhirnya 2 minggu telah berlalu. Belum ada panggilan juga.wah gagal berarti saya.
PT Pama ngga ada pengumuman, Alfamart juga sudah gagal, saya mendapat panggilan tes di BPR Weleri Makmur untuk posisi teller. Ini merupakan salah satu BPR Terbesar di semarang dengan reputasi yang sangat bagus. Setelah tes di beberapa tahap, alhamdulillah di terima sebagai teller. Seneng sih, tapi belum bisa move on dari Alfamart dan PAMA.heheh.
Setelah bekerja kurang lebih 1 bulan, hp berdering dan ternyata “ hallo, apakah benar ini dengan mas Ahmad Fauzi, ini dari Alfamart” ting tonggggggg. Dan ternyata saya lolos ke tahap selanjutnya yaitu Assesment dan Medical Chec up. Woooooooo. Surpiseeeeeee sekali. Sempat bingung karena sudah bekerja soalnya. Dan akhirnya saya putuskan untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu Assesment dan Medical Check up. Alhamdulillah lolossssss. Selanjutnya adalah tanda tangan kontrak di kantor pusat cileungsi Bogor. Saya putuskan untuk resign dari pekerjaan saya sebelumnya dan bergabung dengan Alfamart sebagai MT Accounting Batch 38.
Akhirnya benar – benar terjadi peristiwa tanda tangan kontrak tersebut.hahah. dan memulai pendidikan dengan fasilitas yang sangat WOW dari Alfamart. Setelah menjalani pendidikan selama 1 minggu, hp berdering lagi nih “ternyata dari PT PAMA PERSADA” saya lolos untuk tes tahap selanjutnya yaitu interview user. Kagetttttt dan syokkkkkkkk. Lagi – lagi saya dibuat sangat bingung dengan pilihan ini. Kemungkinan lolos sangat besar karena denger – denger tinggal 3 orang yang masuk interview user.
Setelah berfikir panjang dan lebar kemudian ketemu dengan luas, maka saya memutuskan untuk tetap bergabung dengan Alfamart. Mungkin ini salah satu keputusan besar dalam hidup saya untuk menentukan karir. Semoga pilihan ini tepat.heheh

Dan itulah perjalanan 3 bulan setelah lulus kuliah saya, semoga bermanfaat bagi temen – temen yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Tetep semangat, dan selelu optimis. Karena sesungguhnya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan ada usaha yang disertai Doa. Kalau ada waktu nanti saya akan share bagaimana proses teknis agar bisa masuk MT Alfamart.heheh.

Comments

Anonymous said…
Halo mas fauzi. Saya freshgrad nih, dan mau mengikuti proses seleksi mt accounting di alfamart. Kalo boleh tau, benefit mt accounting di alfamart ada apa aja ya mas? Terimakasih
Catatan Kecilku said…
benefit nya banyak mas, Alfamart tempat yang pas buat belajar dan meniti karir
Fadil Yunita said…
Rangking di cs finance itu ditentukan saat in class mas?
Kalau interview panel pertanyaannya seputar apa ya?
Catatan Kecilku said…
fadil yunita
iya di rangking pada saat sebelum in class training.
lebih ke rencana strategi - strategi. dan nantinya ada study kasus
Fadil Yunita said…
Berarti sebelum pendidikan gitu ya mas?
Penilaiannya diliat dari apanya mas?
Catatan Kecilku said…
hasil dari interview panel. kalau bisa pada saat interview panel ya sebaik mungkin.
Fadil Yunita said…
Masih ada sistem gugurnya ya mas? Tapi kok udah medcek ya? Hmmm...
Interview panel itu lebih ke strategi tentang kehidupan kita atau ttg csf mas?
Catatan Kecilku said…
iya kemarin cuma jadi cadangan aja kalau ada yang mengudurkan diri.
ttg CSF. strategi perusahaan. nanti ada divisi marketing, finance sama HRD. study kasusnya ttg 3 disi tersebut.
Fadil Yunita said…
Emang jadi cadangan apa enggak nya dikasih taunya waktu interview atau lewat email mas?
Berarti harus tau profil perusahaan banget banget ya
Catatan Kecilku said…
ngga harus tau jg,
kmarin temen saya yg lolos jg apa adanya jd diri sendiri, asal jangan buat kesalahan kyak saya.hehe
Fadil Yunita said…
Kalo boleh tau emang kesalahanmu apa mas?
Waktu IP berapa orang mas yg interview bareng km?
Catatan Kecilku said…
ne saya kasih pin aja klo mau tanya 74bfdd44
Unknown said…
Mas. Saya add ya bbm nya, mau tanya soal mt alfamart
Anonymous said…
gan numpang tanya kalo assessment mt alfa kaya gimana ya? kaya in basket test, analysis exercise? tolong ceritain detail dong sekalian kasusnya. hehehe.
soalnya cuman tau fgd nya aja.
makasih banyak ya gan.
Catatan Kecilku said…
ya intinya kita dikasih case acting sebagai ketua BEM yang harus menyelesaikan permaslahan organisasi dan kuliah lewat email dan sms.
Anonymous said…
jadi casenya kita sbg ketua ngasih penyelesaian masalahnya ga ada diskusi langsung cuman via sms gitu? solusi dari agan pas itu apa? hehe.
agan kemaren pas assessment berapa orang? gabung sama mt tsm ga? ada yg gagal pas assessment ini? soalnya kemaren user cuman tinggal bertiga. itupun dikumpulin dari beda tempat dan waktu ujian, ga ada yg sama ujiannya kami gan.
sorry banyak nanya. Makasih banyak ya gan.
Catatan Kecilku said…
kalo solusi nya udah lupa kata - kata nya seperti apa, cm intinya kita harus ngasih solusi yang real bukan hanya janji dan sebagainya. kemarin dari semarang yang sampai user cuma 3 orang dari accounting semua, dan yang lolos cuma 2. kalo programnya sih digabung sama TSM.
Unknown said…
Mas, saya add bbm nya ya..
Saya mau nanya2 ttg MT alfamart
Makasih mas fauzi
Catatan Kecilku said…
ne pin yg baru 599970d6e
Anonymous said…
gan numpang tanya, kalo assessment tes (Tahap 3) Cf.Finance itu gmn ya?
Unknown said…
mas mau tnya. anak beswan djarum ya ?? angkatan brpa ?
saya mau tnya, kelang brapa hari ya antara medcheck sm hasil utk ttd kontrak ny ? saya udh medcheck sabtu kemarin utk posisi MT TSM.. terima kasih..
Catatan Kecilku said…
iya mas bagus.angkatan 29.

kalo kmarin sih jaraknya 1 minggu..udah d kasih kabar.
Catatan Kecilku said…
iya mas bagus.angkatan 29.

kalo kmarin sih jaraknya 1 minggu..udah d kasih kabar.
Unknown said…
waah sama dong, aku jga beswan djarum angkatan 29 dari bengkulu.. heheh

makasih mas. bsa minta pin atau wa mas ? mau tnya" mslah mt alfamart nih.
Anonymous said…
Wah makasih mas infonya. Ane sebenernya kurang lebih sama, 2 bulan lulus dpt kerjaan. Cuna kurang bersyukur aja dan masih anggep "faktor Universitas" penentu kerja dimana. Bukan meremehkan mas, tapi karna baca blog ini saya jadi sadar semua kembali ke kitanya (mengacu pada paragraf awal ttg latar belakang mas). Hha. Soalnya ane drop cv ke beberapa perusahaan besar macem bca dan yakult blm ada panggilan psikotes sama sekali. Prusahaan sekarang yg ane gelutin sih ya cukup bagus, tapi kurang menunjang aja untuk karir. Sekarang lagi nunggu mt alfamart, mt superindo, pdp bca finance, sama cs finance. Semoga ada yg manggil ane minimal untuk psikotes. Amin
Unknown said…
Iya mas baguss.. salam beswan 29.
5997od6e
085740888418


Mr. Adit said…
Boleh minta pin bbm/id line/no hp mas? Besok saya dipanggil utk psikotes + interview HRD di head office cikokol
Catatan Kecilku said…
diatas kan udah ada mas
Anonymous said…
Numpang nanya gan, kalau MT Alfamart harus di toko dulu ga ? kan males kalau ditoko gitu harus jadi kasir dll, kan sayang tuh ijazah sarjananya kalau kerjanya jadi kasir sama nyapu gitu. Dan selama jadi MT dapet libur ga gan ? dapet fasilitas apa aja gan selama jadi MT ? (Bukan benefit loh ya). oh iya sama saya kurang ngerti tentang grade gan, sistemnya gimana ya ? apa tiap 2 bulan naik grade apa gimana ya ?

Saya sebenernya minat masuk MT Alfamart, minat banget malah, ini lagi nunggu panggilan buat interview user, doain ya gan, mudah mudahan kita bisa kerja bareng.
Catatan Kecilku said…
ya kalo MT emng harus d toko dulu mas. semua di awali dari bawah dulu. kalo minat banget ya harus mau di toko maa.
kalo grade itu level. bakaln naik kalo performnya bagus.
fasilitas:
1. in class training dg mentor keren
2. free makan siang
3. free coffe break
4. modul
5. transport
6. uang saku
Anonymous said…
mas kalo boleh tau itu berapa lama setelah interview hrd dipanggil lagi untuk assesment? saya juga lagi proses mt alfafart. alhamdulillah beres interview hrd. sama kalo boleh tau uang sakunya berapa ya mas? kemarin sama hrdnya dikasih tau sama besarnya dengan gaji setingkat level 8. benar itu mas?
Catatan Kecilku said…
kurang lebihnya 2 minggu, untuk gaji standart level 9 (coordinator)
Anonymous said…
semangat yaaa... smoga betah jadi MT nya Alfamart sampe ikatan dinas selesai dan seterusnya.. hehehee

salam sukses,
MT batch 33 yg kece abisss ^_^
Catatan Kecilku said…
terima kasih kakak Batch 33 yang kece abis
sukses selalu buat kaka
:)
Unknown said…
Mas mau tanya, saya kan mengambil posisi mt reguler di alfa, apa test masuk nya juga sama seperti mt accounting? Terima kasih
Catatan Kecilku said…
siang jugaa
secara keseluruhan hampir sama. bedanya cuma kalo reguler tidak ada tes akuntansinya serta penentuan masuk ke divisi setelah OJT Store.
Unknown said…
Jadi untuk mt reguler langsung ditentukan ya mas divisi nya? Kalau boleh tau apa ya mas
Catatan Kecilku said…
ditentukan setelah OJT Store. untuk posisi sesuai dengan kebutuhan perushaan dan hasil interview dengan user terkait
Teman Menulis said…
Mass pin nya kok g busa di invite
Teman Menulis said…
Mas pinnya kok g bisa di invite ya
Catatan Kecilku said…
59970D6E
Itu pin yg baru
Catatan Kecilku said…
59970D6E
Itu pin yg baru
Anonymous said…
Mas Fauzi, terimakasih banyak informasinya. Sangat sagat sangat bermanfaat.

Alhamdillah sampai saat ini saya sudah lolos sampai maju ke tahap MCU
Boleh dishare dong Mas ahapan MCUnya bagaimana, dan peluang lolosnyaesar ga ya?
Anonymous said…
Mas Fauzi, terimakasih banyak informasinya. Sangat sangat sangat bermanfaat.

Alhamdillah sampai saat ini saya sudah lolos sampai maju ke tahap MCU
Boleh dishare dong Mas tahapan MCUnya bagaimana, dan peluang lolosnya besar ga ya?
Unknown said…
Tes MT seperti apa ya
Unknown said…
Tes MT seperti apa ya
Unknown said…
Soal tes nya apa aja

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

Tahapan Seleksi MDP CS Finance