kerja di Alfamart dan Indomaret

Halloo teman – teman, sudah lama nih admin ngga update nulis blog lagi. Maklum berhubung kesibukan di kantor jadinya sampai lupa update. Oke kali ini gue bakalan sedikit menulis tentang kerja di toko Alfamart dan Indomaret. Berhubung pengalaman gue kerja di toko Alfamart maka yang akan gue tulis ya pengalaman di Alfamart. Hampir tidak ada bedanya kerja di alfamart dan indomaret. Setau gue sih hampir sama, karena kebanyakan orang alfamart juga dri indomaret jadi ya hampir sama sistem kerjanya. Oke langsung saja ya.
1.      Hari kerja.
Hari kerja untuk di toko adalah senin- senin alias ngga ada hari libur nya. Begitu juga dengan tanggal merah dan hari besar. Wah kok kelihatanya kejam ya. Engga juga sih karena usaha utama perushaan ini kan dagang. Jadi meskipun libur ya harus tetap dagang. Untuk hari libur nasional jika berangkat dihitungnya lembur. Karena ngga ada liburnya maka sistem kerjanya adalah sift. Ada sift 1 dan sift 2. Khusus untuk toko 24 jam maka ada juga sift 3. Sift 1 mulai dari jam 07.00- 15.00 sift II dari jam 15.00 – 10.00 sedangkan sift III dari jam 10.00 -  07.00. untuk hari kerja buat karyawan adalah 5 dan 1 yang artinya 5 kali kerja 1 kali libur.

2.      Gaji dan benefit
Perushaan menggaji karyawan disesuaiakan UMK daerah tersebut. Jadi antara toko satu dengan yang lainya sudah bisa dipastikan berbeda. Dismping itu karyawan juga mendapatkan manfaat BPJK ketenagakerjaan, BPJS pensiun, asuransi serta tunjangan lainya. Setiap tahun jika penjualan bagus karyawan juga mendapatkan Bonus akhir tahun serta THR yang sifatnya wajib. Perushaan juga membiayai untuk keperluan dinas luar kota yang besarnya disesuaikan masing – masing jabatan. Kenaikan gaji karyawan juga di tentukan sesuai dengan kinerja karyawan masing – masing.

3.      Karir
Ini yang paling penting sebagai seorang karyawan. Tentunya karyawan menginginkan adanya karir yang jelas. Hampir sama antara indomaret dan alfamart, yang membedakan mungkin hanya sebutanya saja. Ketika calon karyawan baru masuk, maka karyawan tersebut masuk sebagai crew store grade 5. Kemudian selang 2 th crew store akan mengalami assesment untuk kenaikan level. Jika lolos maka akan naik grade 6 dengan jabatan assisten chief of store (asisten kepala toko). Kemudian selang 1 th akan promosi ke chief of store grade 7. Kemudian senior chief of store grade 8. Setalah dirasa mampu maka akan dilakukan pemetaan dan promosi untuk jabatan korwil grade 9. Nah di posisi ini karyawan mendapat mobil dinas dari perusahaan carry dan tidak hanya bertanggung jawab atas 1 toko saja namun harus bertanggung jawab 10 – 15 toko. Setelah karyawan masuk ke grade 10 atau senior korwil maka karyawan akan dilakukan assesmen untuk posisi manager area. Untuk manager area sendiri karyawan sudah di bekali dengan mobil livina dan membawahi 100 – 150 toko. Untuk jabatan selanjutnya kebih detail nanti akan saya share lagi.

Nah begitu teman – teman yang bisa saya share. Untuk lebih jelasnya bisa kontak ke saya. Bagi temen – temen yang akan berkarir baik di indomaret maupun alfamart pasti akan mempertimbangkan. Namun jika saya bisa merangkum, kelebihan kerja di Alfamart:
1.      Karir jelas
2.      Tunjangan dan gaji menarik
3.      Kerja di toko yang super dingin
4.      Kerapian terjaga
5.      Pengalaman komputer
6.      Tidak perlu mencari pelanggan
Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.



Comments

Unknown said…
mau tanya, klw disuruh milih kerja, kerja di alfamart ato indomaret
thx
Unknown said…
Bohong nih orang, gua yang ngalamin kerja di Indomaret 2 tahun gua kerja , begitu kejam perusahaan ini , selalu menekan karyawan yang di toko ,karyawan di toko selalu di tuntut berangkat harus jam setengah 7 dan tutup toko di haruskan jam 11.15 jsm , shift 1 terkadang pulang sampek jam 5 kadang bisa lebih sampek abis isya kalo pas mau ada kunjungan,dan parahnya lagi ketika tanggal merah atau hari besar kita dituntut untuk memenuhi target sales toko jika kita tidak mencapai target sales lemburan kita tidak akan keluar . Kalo saran saya mending cari kerja yang lain bosku masih banyak diluar sana yang tak sekejam Indomaret.
Catatan Kecilku said…
@diki kawet,
Biasakan membaca sebelum komentar.

@abdullah Afif sulaiman,
pada dasarnya semua pekerjaan sama, tinggal bagaimana menjalaninya dan niatnya.
Unknown said…
Bener banget.. tapi mas bisa tahan ya 2thn, saya cuma 1 bulan 😅
Unknown said…
Bener banget.. tapi mas bisa tahan ya 2thn, saya cuma 1 bulan 😅
Unknown said…
Kak mau tanya kan di indomaret katanya kontrak pertama satu th setengah dan jika belum habis kontrak sudah mengundurkan diri disuruh bayar denda sampai sisa kontrak nya.. Apa itu benar kak. Mohon bantuannya
Unknown said…
Kak mau tanya kan di indomaret katanya kontrak pertama satu th setengah dan jika belum habis kontrak sudah mengundurkan diri disuruh bayar denda sampai sisa kontrak nya.. Apa itu benar kak. Mohon bantuannya
Unknown said…
Saya dapat panggilan pisikotes di alfamart . Di suruh membawa berkas lamaran . Masalah nya satu SKCK apa gk bisa nyusul ya ? :(
Unknown said…
Hidup adalah pilihan gan
Anonymous said…
Jadi bingung gua dapet panggilan tes di indomaret, lanjut kagak ya hhmm
Unknown said…
Kak kalau disuruh milih kerja di alfamart atau kerja di pt,milih mana???
Catatan Kecilku said…
Mau di alfamart mau di PT lain semuanya sama tergantung bagaimana menjalani dan dari sudut pandang mana kita melihat. kelebihan di Alfamart sudah saya tuliskan silahkan di baca kembali
Dini Sopiyani said…
Terima kasih informasi kerja ditempat ritelnya .. 😊
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Kalo posisi GA masuk grade berapa ya? Kebetulan saya udah psikotes dan interview HRD sekarang lagi mau interview user. Terus benefit yg diterima selain gaji pokok apa aja ya?
Unknown said…
Tanya bang ,, kalo berkacamata bisa masuk alfamart gak ??
Unknown said…
Kak kerja di alfa bisa sambil kuliah sminggu skli tdk ya?
Unknown said…
Kira2 jam berapa gaji masuk ke rekening ya? Trmksh
Unknown said…
Saya baru mau mendaftar di indomaret, gimana nih sarannya?
Anggi RZX said…
Ga enak nya selain selalu pulang telat dan hari merah kerja apalagi yah, kalau cuma kedua itu saya g masalah, saya Hotelier klo 2 hal trsb sudah biasa wkwk, cuman saya penasaran kerja d ritel
Abdurahman said…
Mau kerja dimana ajh pasti ada resiko nya, yang namanya kerja itu pasti Capek, Capek tenaga Capek pikiran
Kalo situ cari kerjaan ada yang enak, tolong kasih tau saya, saya mau
Terimakasih
Unknown said…
Saya sekarang kerja jadi sales asisstent di store xiaomi daerah jabodetabek,sebenrnya semua kerjaan sama,semua punya target store dan individu,apa lagi yang namanya kerja di retail harus siap capek fisik dan batin,saya juga sebenernya ga betah tapi semakin saya dihadapi dengan masalah,disaat itu juga saya di didik untuk mencari jalan keluarnya...kuncinya bersyukur,sabar, istiqomah,dan yang terpenting berusaha dlu inshaallah ada jalannya...kalau gamau kerja yg ga ada terget ya kita bangun usaha sndri,sekecil apapun usaha kalian,kalian adalah bosnya
Unknown said…
Kerja di ritel kalian di tuntut untuk loyalitas , profesional apapun yg disuruh ya hrus dilakukan, jam kerja juga loyalitas nya parah mau 12 jam kerja apalgi msuk pagi, target penjualan juga besar, tuntutan banyak, intinya sih kalian ga pernah mnikmati pekerjaan kalian selama disana, karna banyak yg hrus di fikirkan
Sashi.pngstu said…
Alhamdulillah sya ketrima di alfamart tpi saya optimis bagaimanapun berkerja tidak ada yang enak kalo mau enak jadi bos aja hehe
Sashi.pngstu said…
Alhamdulillah sya ketrima di alfamart tpi saya optimis bagaimanapun berkerja tidak ada yang enak kalo mau enak jadi bos aja hehe
Yansa said…
Target itu dalam arti harus cari customer apa gmma mas.. Kan kita ga cari customer
Lilah yustina said…
Udah resign dri alfa, apa bisa masuk lagi? Tetapi berbeda branch?
Unknown said…
Bener bgt semua kerjaan pasti ada resikonya. Lah itu msh mnding msh bsa libur tiap minggunya gaji tetep tiap bulannya. Saya dulu krja jdi promotor hp vivo aja libur cuma 2x sebulan bisa 1x kalo penjualan jelek. Kalo penjualan ga sesuai target pot.gaji. sabtu,minggu dan tanggal merah dilarang libur. Lbh penuh tekanan dibandingkan mnjadi kasir/pramuniaga.Jam kerja jg ga tentu sesuai toko dri buka-tutup
Unknown said…
Saya juga mulai training , minta tips nya biar betah hehe
Anonymous said…
Bener juga gan.. semua kerja tergantung niatnya.. dulu saya kerja di first media lebih parah tiap hari dituntut cari pelanggan.. kerja dari jam 8 sampe jam 5 itu aja kalo udah dapat pelanggan pulang jam 5.. kalo belum ya cari sampai malam (dapet) gimana pun caranya
Semangat untuk para pekerja :)
Andri said…
Gua udah kerja di alfamart selama 2 tahun..

Klo harus milih, minta ditempat kan di toko rame saja, yakin jarang banget kalian merasakan minus kasir bagi cowo, karna gua alami sendiri selama itu gua jarang bnget ngasirin,

Gua baru 11 bulan masuk, udah jadi Asisten kepala toko ( tergolong cepat )

Klo naik jabatan harus di mutasi, gua minta di toko sepi, karna klo di toko sepi kita bisa santai, itung uang gk bnyak, sampe ratusan juta tiap harinya tergantung pembayaran konsumen

Gua sih klo kerja gk neken bawahan, cuman 1 saja perinta gua, klo ada pekerjaan, selesain dulu, klo kasir sepi bebas main hp atau apalah yg pnting toko rapi

Unknown said…
menurut aku sih kalau ada kerja yang lain mending cari yang lain kalau di bilang kejam sih yaaaaa lumayan apalagi kalau ada banyak barang hilang alias banyak maling nya 500rb eloo hilang mentah mentahhh wkkwkwk
Unknown said…
maksut aku sihhh ya gak 500rb tapi ya bisa nyampek lah sebulan segitu an kadang sih 300 200 100 ya gak tentu gitu tapi tiap bulan pasti ganti 😂 apalagi aku cwek kan jadi kasir uwu dan harus sangat hatihati kalau pas ramai itu situasi paling pas buat orang bayar pakek uang palsu 😂 dan kalau kalian berekspektasi kasur itu diek aja di kasiran kalian salh besar yaaa karenaaa sistim nya adalah KERJASAMA TIM 🤣
Anonymous said…
Cape , cos sama acos nyerahin semua tugas ke crew
Unknown said…
saya di Alfamart 1 tahun 10 bulan, menurut saya sih kesannya ada enak nya ada pait nya semua balik lagi ke kita tergantung kita ngejalanin nya , pengalaman saya namanya kerja di ritail itu harus teliti kalau masalah minus itu gimana ke kompakan sama kejujuran kelompok toko . intinya yang nama nya kerja itu tidak akan ada yang nyaman kecuali di cintai seperti hobi .
Unknown said…
Kalau untuk kasir sama pramuniaga itu kalau mengganti barang hilang setahuku cuma 0,2 % dari gaji. Semakin tinggi jabatan semakin banyak. Jadi butuh kekompakan satu toko untuk meminimalisir barang hilang atau minus
Unknown said…
Adik saya kerja di Alfa baru 8 hari dia udah ngeluh capek berat sampai turun 2kg dalam seminggu,
karena anak baru saya rasa dia sellau menggantikan jadwal temannya yang udah karyawan, karena dia belum dikasih libur dam sift kerjanya juga nggak jelas banget, Udah masuk sore jam 3 pulang jam 11 malem nanti pagi jam 6.30 harus berangkat lagi dan pulang jam 5 sore...
kebayang kan sehari jadi cuma tidur berapa jam, Aali ngerusak Pola tidur dan ngerusak badan,
coba dong yang lain ada yang bisa jawab nggak kenapa seperti itu pembagian siftnya? kalau nggak ada kejelasan aku mau suruh adik aku berhenti kerja aja daripada lelah yang tak sebanding sama
Anonymous said…
Apa jam kerja alfamart kalo shift 1 masuk 06-30 - 19:30
Shift 2 masuk 14:10 - 00:00 baru tutup toko.
jam kerjanya sadis banget.
apa ada tunjangan lembur bagi yang kerja overtime.
Catatan Kecilku said…
semua pekerjaan dimanapun pasti ada kelebihan dan kekuranganya.tinggal bagaimana kita menyikapinya. untuk jam kerja saya pikir sudah sesuai dengan aturan dari pemerintah.
Unknown said…
Ka mau nanya klo udah resign dari idm, mau masuk Alfamart bisa ga?

Popular posts from this blog

Tahapan Seleksi MDP CS Finance

MT Alfamart