Tahapan Seleksi MDP CS Finance

Oke untuk postingan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana proses yang saya alami sendiri bisa dibilang bahasa kerennya adalah pengalaman pribadi seleksi MDP CS Finance. Sebelumnya apa sih MDP Central Santosa Finance? Mungkin banyak yang bertanya program apa sih itu. Saya katakan beruntung sekali ya beruntung sekali buat temen – temen yang bisa masuk recruitment MDP CS Finance. Karena apa? MDP atau Management Development Program merupakan salah satu program pengembangan karir yang untuk calon – calon manager di perusahaan CS finance. Sedangkan CS Finance sendiri merupakan group BCA yang bergerak di bidang pembiayaan khususnya sepeda motor.
lalu bagaimana sih proses seleksinya sendiri. Sebelumnya memang saya sudah pernah menulis mengenai sedikit proses seleksi yang ada di CS Finance. Mungkin gara – gara tulisan tersebut jadi banyak yang bertanya. Dan  kali ini saya akan bahas tuntas lebih detail mengenai bagaimana seleksi MDP CS Finance.
1.      Seleksi administrasi
Tahap pertama kali adalah proses seleksi administrasi. Dimana dahulu saya mendaftar melalui situs online www.jobstreet.com. Jika memang sesuai dengan kriteria maka kurang lebih 1 bulan akan dihubungi via E-mail maupun sms.

2.      Psikotes
Setelah dihubungi maka otomatis kita lolos seleksi administrasi. Selang 2 hari dari pemberitahuan maka diadakan psikotes. Dulu waktu saya sih tempatnya di Hotel gracia semarang. Dan pesertanya lumayan banyak juga. Karena dibagi menjadi 2 hari. Dan setiap harinya dibagi menjadi 2 gelombang. Ya kalo di total hampir 200 an peserta. Saya sendiri masuk pada hari pertama gelombang pertama. Untuk soal- soal sendiri ya standar psikotes. Mulai dari  gambar, cari gambar yang hilang, menghafal kata, mencari lanjutan angka, gambar balok yang di bolak balik. Gue ingat ketika itu waktu yang dikasih untuk mengerjakan sangat singkat sekali. Dan bener- bener singkat. Sering – sering banyak berlatih akan membuat kita ngga asing dan mentalnya lebih matang, dan tips yang paling penting adalah jangan terfokus pada 1 soal, jika memang susah tinggalkan saja dan kerjakan yang menurut temen – temen bisa dan  ngga memakan waktu yang banyak.

3.       Interview HRD
Setelah psikotes selesai, hari itu juga langsung pengumuman siapa saaja yang lolos psikotes dan nantinya akan masuk interview HRD. Untuk interview sendiri dilakukan hari itu juga setelah menunggu sekitar  2 jam karena menunggu gelombang 2 untuk psikotest. Dan dari gelombang 1 dan 2 kemudian yang lolos psikotest sekitar 15 orang. Untuk pertanyaan sendiri pertama kali kita disuruh memperkenalkan diri. Selanjutnya ya pertanyaan standar kelebihan dan kekurangan. Menurut pengalaman hasil sharing sesama peserta, banyak pertanyaanya. Namun saya Cuma dikasih 2 pertanyaan saja. Ini rahasianya. Pada saat disuruh untuk memperkenalkan diri, saya banyak bicara mengenai diri saya mulai dari pribadi, waktu kuliah, kegiatan kuliah, sampai prestasi yang pernah didapat. Kebetulan saya banyak kegiatan di kampus ya saya ceritakan semua. Prestasi juga banyak makanya saya ceritakan semua. Itu pengalaman saya waktu interview HRD.

4.      Psikotes vendor
Setelah tahap tinterview HRD selesai selang 2 hari di umumin siapa aja yang lolos dan selang 1 minggu dari pemberitahuan dilakukan psikotes vendor. Waktu itu psikotes dilakukan di lembaga psycocentra semarang. Untuk psikotest kali ini tesnya adalah psikotes standar. Dan disini ada tes warteg, kreaplin, gambar pohon dan oarang, serta nantinya ada interview dengan vendor. Untuk tips nya adalah banyakin istirahat karena psikotes kali ini banyak memerlukan waktu dan energy. Apalagi tes kreaplin yang bener – bener menguras tenaga. Kerjakan sesuai dengan kemampuan dan jangan dipaksakan dan harus stabil. Kenapa jangan dipaksakan? Karena pengalaman kemarin ada tuh temen yang ngerjain kreaplin samapai selesai namun gagal di tahap selanjutnya.

5.      Interview panel
Setelah menunggu sekitar 2 minggu, maka tes selanjutnya adalah intervie panel. Untuk interview panel dilaksanakan di CS Finance Branc Semarang. Kali ini interview dilakukan dengan user head office  dari jakarta. Sisa untuk keseluruhan tinggal 10 orang kalo ngga salah disini. Untuk interviewnya pertama, kita dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Masing – masing kelompok dikasih selembar kertas yang isinya kasus. Dimana kasusnya adalah ada 3 divisi di cs finance. Yaitu marketing, finance dan HRD. Masing – masing memiliki penjelasan masing – masing dan target kerja masing – masing. Lalu dari 3 divisi tersebut masing – masing orang dalam kelompok harus memilih dan merupakan kesepakatan dari kelompok. Kebetulan kemarin saya mendapat jatah finance dan marketing karena memang kelompok saya kurang 1. Kita dikasih mendiskusikanya selama 15 menit dan setelah itu kita disuruh mempresentasikannya dihadapan user. Dan tibalah waktu pembantaian tersebut.kita ditanya dan disuruh menjelaskan dengan sedetail mungkin sesuai dengan pengetahuan kita yang terbatas.

6.       MCU (medical check up)
Saya dipanggil untuk medcheck setelah menunggu selama kurang lebih 2 minggu. Untuk medical checkup, tempatnya di klinik kimia farma. Mulai dari tes darah, urine, tinggi badan, berat badan, gigi, rotgen thorag dan apalagi saya lupa.

7.      In Class Training
Ini adalah tahap yang memang benar – benar ditunggu oleh semua peserta. Setelah memalui proses yang begitu panjang dan lebar. Kesana kemari memeras keringat siang dan malam, akhirnya waktu itu tiba. Saya ngga dapet E-mail dan pemberithuan untuk ttd kontrak. Sedih pasti dan kecewa pasti. Namun saya cukup membutuhkan waktu 5 menit untuk meratapi itu semua. Cepet kan move on nya. Hehe. Memang belum rejeki. Saya jadi penasaran, apa yang menyebabkan saya ngga lolos, apa saya dinyatakan ngga sehat? Itu yang lebih saya khawatirkan, jika memang saya ngga lolos karena ngga sehat. Kemudian saya telpon HRD nya. Dan dari penjelasan HRD cukup melegakan buat saya. Hasil tes kesehatan saya dinyatakan sehat dan baik, namun ternyata saya di urutan 26. Karena untuk kuota maksimal MDP adalah 25 orang. Jadi saya hanya sebagai peserta waiting list. Alhamdulillah saya sehat!!.

Ya itu saja pengalaman dari serangkaian test yang pernah saya alami pada proses recruitment MDP CS Finance. Ada satu pelajaran yang sampai saat ini membuat saya banyak mengerti dan menjadikan benar-benar pelajaran paling berharga. Yaitu “janganlah kita merasa pesimis akan suatu hal, dan tanamkan mindset bahwa kita akan berhasil”. Mungkin itu sedikit kata – kata yang amat sangat bermakna di kehidupan saya. Dari hasil analisa saya, dari awal saya sudah yakin akan lolos seleksi dan itu terbukti saya lolos dari beberapa tes. Namun pada tahap interview panel, saya sudah psimis untuk menjadi peserta MDP. Dan itu terbukti kan. Saya memang lolos di semua test, namun saya tidak menjadi peserta MDP. Jadi begitu temen- temen. Mungkin temen – temen saat ini yang sedang menjadi jobseeker kadang merasa ngga mampu,ngga PD ,ngga Kompeten. Mulai sekarang hilangkan perasaan itu hilangkan mindset sebagai seorang pecundang, jangan pernah berfikiran untuk kegagalan, berfikirlah untuk kesuksesan. Hidup memang tak semudah yang kita bayangkan, tapi justru bayangan itu yang nantinya akan menjadikan diri kita mampu mewujudkanya. Bayangan yang baik tentunya akan menimbulkan hal yang baik begitupun sebaliknya. Kita dilahirkan untuk menjadi seorang pemenang bukan pecundang. Dan pemenang tidak pernah memiliki mindset untuk kalah sebelum bertanding.

Comments

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

MT Alfamart