Pengalaman Kerja di Toko Alfamart Part 1


Yeaaa,, akhirnya fase OJT Store MT alfamart batch 38 selesei. Heheh. Hari ini sampai tulisan saya tulis saya sudah mengalami fase dimana MT haru terjun langsung sebagai Crew toko. terhitung sejak 10 september – 10 oktober 2015 saya menjalani fase training di toko. melalui tulisan ini saya akan berbagi ke teman – teman bagaimana pengalaman saya selama 1 bulan acting sebagai crew toko dan assistant kepala toko. tulisan saya sebelumnya membahas OJT store, namun kali ini saya akan banyak membahas bagaimana pengalaman saya selama 1 bulan di toko.
Oke langsung saja, saya mendapat tugas untuk OJT toko di alfamart rest area KM 57 toll jakarta – cikampek. Toko tersebut masuk kedalam lingkup branch karawang. Pertama kali saya mendapat info toko tersebut ya biasa aja sih, bayangan saya ya munkin tokonya sama seperti toko yang lainya. Namun setelah sampai di toko ternyata jauh berbeda sekali dengan bayangan awal saya. Toko ini merupakan jenis toko specific store type 18 yang kondisi tokonya sangat ramai sekali. Bisa dibayangkan rata-rata pengunjung setiap harinya lebih dari 1000 orang dengan sales lebih dari 35.000.000. harga barang disini juga berbeda dari toko – toko reguler lainya. ada plus minusnya sih saya ditempatkan disitu. Plusnya saya tidak akan terlalu repot bagaimana mencapai KPI (Key performance Indicator) dari mentor saya. Sedangkan minusnya adalah saya kurang bisa belajar penuh ditoko karena memang pekerjaan toko yang banyak sekali dengan pengunjung yang ngga ada berhentiny. Dari mulai pagi sampai ke pagi lagi pengunjung tidak ada habisnya karena memang area tersebut merupakan rest area yang sangat ramai dan disitu tidak ada kompetitor seperti indomaret. Yang ada hanya convinience store seperti bright, lowsons, dan cirkle k.

Pengalaman selama selama menjadi crew sangat menyenangkan. Pekerjaan yang sebelumnya ga pernah terbayangkan kini harus saya lakukan. Mulai dari ngepel lantai, ngelap kaca hingga nurunin barang yang banyaknya minta ampun dari truk dan kemudian memasukannya kedalam gudang dan mendisplay barang tersebut kedalam rak. Aktivitas tersebut rutin dikerjakan setiap sifnya. Kemuadian diminggu kedua saya mulai belajar menjadi seorang kasir. “selamat pagi, selamat datang di Alfamart” kata – kata tersebut selalu terucap ketika ada konsumen datang. Sampai hafal dan kebawa mimpi.hehe. banyak hikmah yang bisa diambil ketika menjdai kasir terutama hal ketelitian, serta penampilan dan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Awalnya sih masih lambat ketika melayani tapi lama kelamaan tangan ini ketika mengetik di keybord sangat lancar bahkan tanpa melihatpun bisa.hahah. konsumen di alfamart rest area tergolong konsumen yang termasuk golongan transit,. Mereka hanya sekedar mampir ketika perjalan menuju ke kota lain. Ya meskipun mampir, tetap saja belanjanya banyak sekali. Minggu berikutnya saya belajar menjadi asisten kepala toko. yoi baru 2 minggu udah jadi asisten kepala toko lho.heheh. awal mula jadi kepala toko sangat berat sekali, selain tugas fisik, tugas administrasi dikerjakan. Mulai saat barang datang, kirim sales, semuanya dikerjakan. Awal mula ya gitu sih gabisa apa2 tapi lama – lama juga lancar juga ya meskipun masih didampingi pejabat nya langsung.hahah.

Selain OJT ditoko kita juga dituntut untuk melakukan inovasi untuk toko. tentu saja inovasi tersebut harus menjadikan toko tersebut lebih baik muai dari people, place,proses,produt. Mau tau apa inovasi saya di toko?.. nantikan ya ditulisan saya yang akan datang.heheh.udah malam soalnyaa... okeee wassalam..

Comments

Unknown said…
fauzi, boleh minta pin bbm atau no yg bisa dinhubungi? mau nanya2 masalah mt alfamart nih, makasih sebelumnya
Unknown said…
Kak bisa minta kontak yg bisa dihubungin gak? Bales lewat email ya kak,nicolaputracr7@gmail.com trims :)

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

Tahapan Seleksi MDP CS Finance

MT Alfamart