Tahapan Seleksi Beasiswa Djarum


Apa kabar beswan hari!!! Mungkin temen – temen yang saat ini menjadi beswan ataupun alumni beswan pasti ngga asing lagi dengan kata – kata itu. Dan barang kali sudah pasti tahu jawabnya. Hehehe. Ya salah satunya adalah saya. Saya tergabung menjadi beswan djarum pada tahun 2013/2014 angkatan 29 regional semarang. mungkin yang sebelumnya udah pernah baca blog saya udah pasti tahu lah ya saya dari universitas mana.hehehe. sok terkenal.
Yapsss kali ini ini saya akan share bagaimana sih pengalaman menjadi seorang beswan serta gimana sih tahapan – tahapan seleksi beswan djarum. Mungkin ini akan sangat berguna bagi adik – adik junior yang nantinya akan mengambil salah satu beasisw paling faforit di negeri ini. Oke langsung saja ya tanpa menunggu lama lagi.
Sebenarnya apa sih beswan itu? Beswan adalah sebutan untuk manusia yang mendapatkan beasiswa djarum. Manusia yang mendapat beasiswa akan mendapatkan gelar beswan seumur hidupnya.wkwkwk. kenapa seumur hidup, yah karena memang sebutan beswan akan selalu ada di melekat bagi anggtanya. Dan saat ini sudah ribuan beswan yang sudah sukses dengan karirnya dan mungkin jika ada reuni butuh gedung yang besar untuk menampungnya. Lalu apa siih keuntungan menjadi manusia beswan? Yahh munkin kalo di ceritakan bisa sampai dibuat buku yang akan memenuhi perpustakaan kampus karena memang sangat amat banyak keuntunganya. Mulai dari pengalaman, relasi, pelatihan semuanya memang benar – benar perfect. Yah kali ini saya akan sedikit share aja deh pengalaman selama 1th di beswan.
Pertama selain kita mendapatkan uang beasiswa tiap bulanya, kita juga akan mendapatkan banyak sekali pelatihan – pelatihan yang akan menunjang softskill kita antara lain :
1.      Nations building
2.      Character building
3.      Leadership development
4.      Community empowerment
Keempat pengambangan softskill tersebut dilakukan selama 1 th. Jika dilihat Cuma ada 4 pelatihan, namun jika dikupas satu persatu maka akan banyak sekali softskill yang didapatkan. Dan semua itu nantinya akan bermanfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang. Karena orang sukses itu bukan hanya mengdalkan kemampuan ilmiah saja namun softskill yang bagus akan sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita.
Lalu bagaimana caranya sih untuk menjadi seorang beswan?
Beasiswa djarum akan dibuka setiap tahunya dan pendaftaranya akan dibuka sekitar bulan mei (kalo ga salah sih) lupa – lupa inget soalnya. Ada syarat – syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar beasiswa djarum antara lain
1.      IPK > 3.00
2.      Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
3.      Aktif berorganisasi
4.      Serta lolos tahapan seleksi
Nah setelah syarat – syarat terpenuhi maka yang harus dipersiapkan adalah lolos seleksi. Selesinya meliputi :
Pertama seleksi psikotes
Pengalaman saya mengikuti psikotes saat itu yang jelas pesertanya sangat banyak sekali. Saat itu psikotes dilaksanakan di GOR jatidiri semarang. dan itu GOR penuh dengan ribuan mahasiswa. Untuk soal psiotesnya sih standar mulai dari deret angka, gambar, hitungan, warteg tes, menggambar pohon. Dari sekian ribu orang, hanya 20 orang dari kampus yang lolos tahap selanjutnya. Dan itu ya termasuk saya.

Kedua FGD
Apa sih FGD itu? FGD adalah focus group discussion. Dimana nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok terdiri dari 5-10  orang yang nantinya akan mendiskusikan sebuah tema. Nantinya setiap orang akan memberikan argumenya terhadap permasalahan tersebut. Disitu kita akan dilihat oleh penilai mengenai cara kita mengemukakan argumen dan sikap kita dalam diskusi tersebut

Dan yang terakhir adalah Interview
Interview merupakan tahap akhir dalam tes beasiswa djarum ini. Pengalaman dulu saya diwawancarai oleh 2 oarang yang nantinya akan bertanya mengenai latar belakang kita, kegiatan kita, serta kepribadian kita selama ini. Dan yang lebih serunya jika kita tidak tegang, maka kita akan dibawa seolah – olah kita sedang mengobrol.heheh.
Yah itu saja sedikit pengalaman saya menjadi beswan dan mengikuti seleksi beasiswa djarum regional semarang. mungkin hanya sedikit saja yang bisa saya share, jika masih mengganjal dan ingin ditanyakan silahkan saja. Saya sangat welcome sekali. Thank youuuu...


Comments

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

Tahapan Seleksi MDP CS Finance

MT Alfamart