Pengalaman Seleksi Indonesia Power 2016

Oke teman – teman untuk kali ini saya akan share pengalaman sahabat gue yang mengikuti seleksi indonesia power pada tahun 2016. Seleksi dilakukan di kota jogjakarta tepatnya di gedung universitas gajah mada. Untuk rangkaian seleksinya terhitung cukup panjang dan lama. Langsung saja ya teman – teman berikut tahapan seleksiny.
1.      Pendaftaran online
Pendaftaran online dilakukan pada link erecruitment.indonesiapower.co.id. disitu nantinya kita akan mengisi formulir secara online.  Untuk jurusan non-teknik TOEFL sangat diperhatikan. Dan diakhir, pilih lokasi testmu, carilah yang dekat dari tempat tinggalmu karna akan berpengaruh di test kesehatan. Siapkan juga berkas – berkas seperti:
-          Scan Ijasah/SKL bagi yang belum kelar ijasahnya
-          Scan transkrip nilai
-          Scan KTP yang masih berlaku
-          Foto setengah badan berwarna
-          Sertifikat TOEFL

2.      Tes kemampuan Akademik dan psikotes awal
Setelah Pendaftaran online tahap selanjutnya adalah test akademik yang diadakan oleh PPM Managemen http://www.ppm-rekrutmen.com/, yaitu test mengenai pelajaran mata kuliah sesuai dengan bidang yang kamu ambil. Bidang yang sahabat saya ambil accounting. Untuk soal – soal nya sendiri secara umum berhubungan dengan akuntansi dasar. Kemudian dilanjutkan dengan tes psikotes awal yang materinya sekitar matematika dasar. Disini nantinya akan saya share soalnya seperti apa karena kebetulan saya membawa pulang soalnya.

3.       Tes Bahasa Inggris
Tes bahasa inggris dilakukan di hari itu juga setelah tes kemampuan akademik. Soal – soal hampir mirip dengan soal TOEFL. Jadi saran saya jika teman – teman ingin mengikuti seleksi indonesia power maka saran saya perdalam materi bahasa inggris.

4.       Psikotes Lanjutan
Jika lolos, maka tahapan tes selanjutnya adalah psikotes lanjutan. Materi tes nya meliputi hitung cepat, matematika, gambar orang, gambar pohon, warteg, tes koran. Saran saya sih mending sebelum tes berlangsung sarapan terlebih dahulu. Minum air putih yang banyak. Karena disini tesnya akan menuras tenaga.

5.       FGD dan wawancara psikolog.
Tes yang pertama untuk tahap ini adalah FGD atau Focus Group Discussion. Dimana nantinya kita akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Dimana 1 kelompok terdiri dari 5 atau 6 anggota. Kita akan mendiskusikan sebuah permasalahan  dimana waktu untuk berdiskusi 15 menit. Topik yang kami bahas ketika itu adalah mengenai prioritas karyawan. Dimana kita akan disuruh menyebutkan prioritas mana saja yang dibutuhkan. Selanjutnya adalah wawancara psikolog. Untuk wawancara psikolog, pertanyaan lebih ke seputar aktivitas, kepribadian, motivasi. Kurang lebih 15 menit untuk wawancara kali ini.

6.       Tes kebugaran fisik.
Tes kebugaran fisik merupakan rangkaian tes kesehatan dimana tes ini terdiri dari tes fisik, tinggi badan, berat badan, mata, lingkar perut, gigi. Ada juga tes EKG yaitu tes lari lari di treadmil.

7.       Tes labolatorium
Tes ini merupakan tes lanjutan dari kebugaran fisik. Dimana dilakukan di klinik rekanan. Tes meliputi pengambilan sample urin, sample darah, rontgen thorax.

8.       Interview User
In merupakan tahapan akhir dari serangkaian panjang tes di indonesia power. Waktu itu ada 2 orang user yang mewancarai saya dan pertanyaan nya seputar akademik. Seputar waktu masih kuliah. Selanjutnya karena saya sudah berpengalaman maka pertanyaanya seputar pengalaman bekerja di perusahaan yang lama.

dan itulah pengalaman sahabat gue tentang rekrutmen indonesia power pada tahun 2016. semoga bermanfaat bagi kita semua.



Comments

Popular posts from this blog

kerja di Alfamart dan Indomaret

Tahapan Seleksi MDP CS Finance

MT Alfamart